Senin, 27 Desember 2010

Sekilas Tentang Chikung

CHIKUNG
Secara sederhana Chi Kung seringkali diterjemahkan sebagai ‘Ilmu Pernapasan’. Ini karena napas merupakan salah satu unsur yang utama dalam berlatih Chi Kung. Dengan perantaraan napaslah tubuh menghisap Chi dari udara / alam.

Tetapi ada juga yang menyebutnya ‘Ilmu Tenaga Dalam’. Ini karena Chi Kung bisa membangkitkan energi yang tidak hanya dihasilkan oleh otot, sebuah energi misterius yang memancar dari dalam tubuh.

Pada dasarnya Chi Kung adalah sebuah seni mengolah energi (Chi) untuk membangkitkan suatu kekuatan atau daya (Kung). Seni ini sudah dikembangkan oleh kaum Tao yang disebut kelompok Chi Kung Men sejak ribuan tahun yang lalu.

Pada awalnya Chi Kung merupakan sarana awal sebagai pembuka jalan untuk berlatih spiritual Tao. Metodenya dirahasiakan dan hanya diturunkan kepada murid tertentu saja. Namun karena efek dari Chi Kung / Gie Kang (Hokian) yang bisa memperkuat tubuh fisik dan membangkitkan energi didalam diri. Maka Chi Kung juga digunakan sebagai fondasi ilmu beladiri (Kungfu / Wushu) yang disebut ‘Tenaga Dalam’ (Wei Kung / Gwa Kang dan Nei Kung / Lwe Kang). Karena efeknya yang berbahaya jika disalah gunakan, maka metode Chi Kung untuk membangkitkan ‘Tenaga Dalam’ juga dirahasiakan, terutama untuk latihan tingkat tingginya.

Pakar Tao juga menciptakan Chi Kung yang bersifat lebih ‘Lembut’ dan relatif aman. Kemudian diajarkan kepada masyarakat awam sekedar untuk pemeliharaan kesehatan dan pengobatan. Jenis Chi Kung inilah yang paling banyak kita temui dewasa ini. Meskipun sudah diperlembut, kekuatan yang dihasilkan masih bisa untuk PENGOBATAN DIRI dan orang lain serta bisa juga untuk menangkal energi NEGATIVE lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar