Jumat, 01 Mei 2015

Muay Thai dan Zinc. A perfect sync! #ZincMuayThai

Hello readers!


Kali ini saya akan share ke kalian semua tentang muay thai dan juga tips untuk merawat rambut bagi kamu yang aktif dan suka tantangan!


Muay Thai

muay thai adalah adalah seni bela diri keras dari Kerajaan Thai. Muay Thai mirip dengan gaya seni bela diri lain dari Indocina, seperti pradal serey dari daerah KambojaTomoi dari daerah Malaysialethwei dari daerah Myanmar dan Muay Lao dari daerah Laos. Muay Thai adalah olahraga nasional Kerajaan Thai dan turunan dari bela diri Muay Boran.



Muay Boran



Kata Muay berasal dari bahasa Sanskerta "mavya" ("tinju bela diri") dan Thai berasal dari kata "Tai" ("suku Thai"). Muay Thai disebut sebagai "Seni Delapan Tungkai" atau "Ilmu Delapan Tungkai" karena tehniknya sangat sarat menggunakan pukulantendangansiku dan serangan lutut.



Teknik formal Muay Thai dibagi menjadi dua kelompok: "Mae Mai" atau "teknik utama" dan "Luk Mai" atau "teknik minor". Muay Thai sering merupakan seni tempur kontak penuh, dimana lawan saling bertukaran pukulan dengan satu sama lain. Hal ini tentunya adalah berdasar penataan gaya tradisional di Kerajaan Thai, tapi merupakan suatu bentuk bela diri yang kurang populer dalam sirkuit dunia bela diri kontemporer di mana gaya bertukar pukulan dengan pukulan ala Thai dianggap tidak lagi menguntungkan. Hampir semua teknik dalam Muay Thai menggunakan gerakan seluruh tubuh, memutar pinggul dengan setiap tendangan, pukulan, siku dan tangkisan.



TEKNIK MUAY THAI:



Serangan Lutut (Tee Kao)

1) Serangan Lutut
ketika petarung Muay Thai tradisional bertarung dengan tangan terikat tali (bukan sarung tinju petarung modern), teknik khusus ini akan berpotensi untuk melukai dengan cara memotong dan menyilet oleh lawan waspada yang akan mem-blok atau menangkis dengan "sarung tangan-tali" yang bertepi tajam yang kadang-kadang dicelupkan ke dalam air untuk membuat tali lebih kuat. Hal ini juga berlaku untuk beberapa serangan lutut.



Tendangan (Tae)



2) Tendangan
Dua tendangan yang paling umum di Muay Thai dikenal sebagai teep (harfiah "jab kaki") dan teh chiang (menendang ke atas dalam bentuk segitiga memotong di bawah lengan dan rusuk) atau "tendangan sudut". Tendangan sudut Muay Thai menggunakan gerakan rotasi dari seluruh tubuh dan telah banyak digunakan oleh praktisi seni bela diri lainnya.



Pukulan (Chok)



3) Pukulan
Teknik pukulan dalam Muay Thai awalnya cukup sederhana menjadi serangan menyilang dan panjang (atau malas) yang melingkar yang dilakukan dengan lengan lurus (tapi tidak terkunci) dan mendarat dengan tumit telapak tangan. Pengawinan-silang dengan tinju ala Barat dan seni bela diri Barat menjadikan adanya jarak pukulan tinju penuh gaya barat yang sekarang digunakan: jab, kanan lurus / silang, hook, pukulan ke atas, pukulan sodok dan pukulan pilin dan atas tangan, serta kepalan tangan dan pukulan ke belakang.



Pukulan Siku (Sok Ti)



4) Pukulan Siku
Siku lengan dapat digunakan dalam beberapa cara sebagai senjata serangan: horisontal, diagonal-ke atas, diagonal-ke bawah, pukulan ke atas, ke bawah, ke belakang-berputar dan terbang. Dari sisi samping sikut dapat digunakan sebagai jurus penghabisan atau sebagai cara untuk memotong pelipis lawan sehingga darah bisa menghalangi pandangannya. Siku diagonal lebih cepat dari bentuk-bentuk serangan sikut lain, tetapi kurang kuat.



Dorongan Kaki (Teep)



5) Dorongan Kaki
Dorongan-kaki atau secara harfiah "jab kaki" adalah salah satu teknik dalam Muay Thai. Hal ini terutama digunakan sebagai teknik defensif untuk mengendalikan jarak atau serangan tangkisan. Dorongan-kaki harus dilancarkan dengan cepat tetapi dengan kekuatan yang cukup untuk menjatuhkan lawan dari keseimbangan.

Nahh! Itu tadi sekilas tentang Muay Thai dan tekniknya! Ada yang tertarik untuk ikut kelas Muay Thai readers???

Setelah ikut kelas Muay Thai pastinya kita keringatan nih, pasti khawatir sama tampilan rambut dan kenyamanan kulit kepala setelah Muay Thai, ataupun pada saat setelah melakukan olahraga lainnya. Ada tipsnya nih biar rambut dan kulit kepala tetap terawat dan sehat.
Keramas secara rutin. 

Keramas secara rutin, setidaknya 2 hari sekali. Jika Anda banyak melakukan aktivitas di luar ruangan dan sering berkeringat, keramas 1 hari 1x. Perhatikan juga jenis shampoo yang Anda gunakan. Jangan beli karena baunya wangi atau harganya lagi diskon. Bila perlu, Anda bisa konsultasi dengan pakar untuk mengetahui produk sampo yang dianjurkan. Ingat, pilih yang menggunakan bahan alami sebagai bahan dasarnya.


Makan makanan bergizi. 

Kesehatan rambut dipengaruhi oleh asupan makanan ke dalam tubuh. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Kurangi makanan berlemak dan berminyak untuk mengurangi kadar minyak pada kulit kepala dan rambut.


Jeruk nipis setelah keramas.

Jeruk nipis adalah bahan alami yang segar dan baik untuk perawatan rambut. Gunakan air perasan jeruk nipis setelah habis keramas sebagai pemberi nutrisi atau pengganti kondisioner.

Lidah buaya. 
Lidah buaya adalah bahan alami yang ampuh menutrisi rambut serta menyehatkan kulit kepala. Anda dapat menggosokkannya setiap hari secara rutin untuk hasil maksimal karena banyak vitamin yang terkandung di dalamnya yakni vitamin A, B, C, dan E.

Minyak jojoba. 
Seperti yang Anda ketahui, rambut akan mudah patah dan rontok apabila lepek dan berminyak. Di sini peran minyak jojoba begitu penting, yaitu untuk melindungi rambut dari kerontokan.



Kalau bingung pilih shampoo yang mana? Coba deh pake ZINC!!!


Kalau author pake Zinc yang ini :)

Zinc Refreshing Cool ini benar-benar bikin coooooolll kulit kepala kamu setelah berolahraga, senam atau jogging di pagi hari author keramas pake ini readers. Dijamin kulit kepala bakalan lebih cool dan fresh, rambut juga aman dari ketombe yang mungkin muncul setelah berkeringat. Hebatnya, Zinc Refreshing Cool ini terbuat dari bahan alami yaitu green tea, membuat ketombe hilang, dan rambutpun gampang diatur.

Readers, sekarang kamu ga perlu khawatir dengan rambutmu setelah berolahraga secara aktif dan menjalani tantangan ekstrim karena untuk rambut kalian ada...



ZINC, activate you!

Zinc and your activities, a perfect sync.
#ZincMuayThai




sumber tulisan:
http://id.wikipedia.org/wiki/Muay_Thai
www.sayacantik.com
gambar:
www.youtube.com
www.zinc.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar